Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang juga berjudul Social Marketing. Konsep Social Marketing ini bisa dilihat dari beberapa hal. Pada tulisan sebelumnya, artikel lebih melihat dari sudut pandang mengenai peran iklan dalam membangun meaningful life yang dapat berkontribusi positif terhadap perubahan mental seseorang.
Pada tulilsan singkat kali ini, Social Marketing dilihat dari sudut pandang bagaimana iklan yang dibuat dapat berkontribusi positif terhadap keuntungan perusahaan secara langsung.
"Social marketing is a process that applies marketing principles and techniques to create, communicate, and deliver value in order to influence target audience behaviours that benefit society (public health, safety, the environment, and communities) as well as the target audience" Kotler and Lee, 2008
Social marketing menjadi salah satu cara perusahaan besar untuk bertahan di era inovasi disruptif. Membangun brand yang kuat dan juga selalu berinovasi melalui produk-produk terbaru. Menanamkan brand yang kita miliki di dalam fikiran orang lain itu bukan merupakan hal yang mudah. Komposisi yang tetap antara kemasan yang menarik, keunggulan produk, dan lain-lain adalah hal yang sangat penting. Saat ini, ramuan lain yang perlu diperhatikan sebagai racikan utama dan bukan hanya sebagai pelengkap adalah social marketing seperti edukasi melalui periklanan. Contohnya adalah Tropicana Slim dan Pepsodent. Dalam beberapa tahun terakhir, Kedua produk ini mulai muncul dengan konsep bagimana menghadirkan pengetahuan yang perlu diimplementasikan dalam pola hidup sehat sehari-hari. Pepsodent terus konsisten muncul dengan edukasi perlunya sikat gigi sebelum tidur.
Konsep social marketing ini ternyata bisa membangun positive image buat perusahaan. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu karakteristik konsumen adalah tidak ingin dibohongi melalui contoh-contoh yang berlebihan mengenai produk tersebut. Dengan konsep iklan seperti ini, hal yang berlebihan relatif lebih kecil. Dengan semakin terdidiknya masyarakat saat ini, diharapkan brand yang dibangun melalui social marketing ini semakin baik.
Komentar
Posting Komentar
Test