Langsung ke konten utama

Fire Your Indonesian Maid, Now!


Pada beberapa waktu yang lalu, Indonesia dihebohkan melalui salah satu iklan yang muncul berawal dari social media. Iklan tersebut adalah merupakan iklan mesin Vacuum Cleaner yang dapat membersihkan lantai bahkan kolam renang. Kontroversi muncul ketika tagline iklan tersebut menyampaikan “Fire Your Indonesian Maid, Now”. Pada dasarnya, tagline tersebut ingin mendeskripsikan mengenai pekerjaan rumah tangga dapat dilakukan oleh sebuah alat atau robot. Namun dengan pengumpamaan “Indonesian Maid” yang bahkan ditekankan melalui garis bawah, menjadi isu yang sangat sensitif untuk hubungan internasional.
Atas kondisi ini, aksi solidaritas dari segenap kalangan di Indonesia bersama-sama mencoba untuk memboykot iklan dan perusahaan tersebut. Melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia, Indonesia mencoba untuk menyampaikan protes ke Kedutaan Malaysia untuk memberikan sanksi tegas terhadap perusahaan Robovac. Melalui somasi yang disampaikan, Indonesia menuntut agar perusahaan Robovac mengahancurkan seluruh materi iklan baik berbentuk standing banner maupun materi lain, termasuk website resmi perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan tersebut juga diminta untuk menyampaikan permintaan maaf kepada public melalui 3 surat kabar terbesar di Malaysia dengan ukuran setengah halaman.
Secara profil perusahaan, robovac merupakan wholesaler yang menjual produk Robotic Cleaning secara lokal di Malaysia dan Internasional. Namun, ukuran perusahaan ini masih tergolong kecil. Produk yang dijual tidak diproduksi sendiri dari perusahaan tersebut, tapi melalui proses impor dari Negara lain.

Terkait dengan analisa lingkungan non market, kasus ini merepresentasikan bagaimana suatu perusahaan akan menghadapi integrasi dari public dan private politic yang berada dalam lingkup internasional. Dengan melihat kondisi seringnya terjadi perselisihan antara Indonesia dan Malaysia, maka iklan ini akan lebih berpengaruh  terhadap public politic. Seluruh aspirasi yang ingin disampaikan dari adanya private politic telah diakomodir dalam public politic.
Namun demikian, tuntutan dari public politic ini diperkirakan dalam waktu dekat tidak akan berdampak signifikan terhadap kegiatan penjualannya. Dampak yang diterima perusahaan robovac hanya sebatas aspek finansial sesuai dengan tuntutan yang disampaikan KBRI. Sedangkan untuk aspek reputasi dan penurunan nilai perusahaan jangka pendek, tuntutan KBRI tidak akan berdampak signifikan. Dari pangsa pasar saat ini, target dari penjualan mesin robovac adalah masyarakat Malaysia. Dengan adanya tuntutan ini, pada dasarnya hal tersebut tidak mempengaruhi manfaat yang diberikan produk robovac terhadap konsumen Malaysia. Selain itu, perselisihan yang sering terjadi antara Indonesia dan Malaysia, memungkinkan masyarakat Malaysia tidak akan memberikan simpati terhadap pelecehan yang ditujukan ke masyarakat Indonesia. Sehingga, penjualan produk di Malaysia tidak akan terpengaruhi signifikan. Namun demikian, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa perusahaan ini juga memiliki strategi untuk ekspansi internasional. Jika target penjualan robovac akan diperluas dengan pangsa pasar di Indonesia, maka upaya tersebut akan menjadi terkendala. Potensi kerugian jangka panjang akan muncul dikarenakan Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pangsa pasar yang sangat potensial untuk melakukan bisnis internasional. Selain itu, dengan adanaya kontroversi ini, perusahaan secara bersamaan dalam jangka pendek juga akan mendapat dampak positif. Sebagai perusahaan kecil, maka pemberitaan yang beredar akan membuat perusahaan ini lebih mudah dikenal oleh masyarakat Malaysia.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perubahan oleh Insider dan Outsider

Beberapa hari yang lalu gw dapat tugas dari kampus untuk ngereview Jurnal tentang “ Who Change Course? The Role of Domain Knowledge and Novel Framing in Making Technology Changes ” dari sudut pandang Change Organization. Personally, gw tertarik dengar artikel ini karena this case is often happened around us. Dari Jurnal tersebut , disampaikan mengenai bagaimana pengaruh Insider dan Outsider terhadap perubahan. Insider merupakan SDM internal perusahaan yang memiliki pemahaman sangat baik terhadap kondisi perusahaan baik dari sisi strength maupun weakness sedangkan outsider merupakan pihak eksternal yang memiliki perspektif berbeda dan pengalaman berbeda dari perusahaan itu sendiri. Insider orang yang mengetahui lebih baik kondisi perusahaan tentu akan mengetahui perubahan apa yang akan dilakukan untuk memperbaiki perusahaan. Sedangkan insider, orang yang memiliki perspektif berbeda tentu akan memiliki cara pandang yang lebih banyak dibandingkan dengan insider dalam melaku...

Inside & Outside the Box

Apakah lu pernah jadi saksi atau pelaku dari suatu pemecahan masalah dengan cara berfikir baru dan berbeda dari pada umumnya? Apakah lu berfikir ini merupakan salah satu contoh pemikiran " Think Outside The Box" ? Jika lu menjawab pertanyaan kedua dengan "Ya", berarti kita teammate yang perlu membaca buku Inside The Box karya Drew Boyd & Jacob Goldenberg". Setelah gw membaca buku tersebut, sepertinya gw harus melakukan redefinisi tentang " Think Outside the Box ". Konsep Think Outside the Box sepertinya merupakan tagline dari aktivitas apapun yang akan mengarah pada bagaimana kita akan berfikir secara lebih kreatif. Pada buku ini, ia menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kreativitas, maka melatih berfikir Inside the Box dapat menjadi salah satu cara yang sangat efektif. Selain itu akan dijelaskan mengenai perbedaan antara Think Outside the Box dibandingkan Inside the Box. Dengan kombinasi penulis yang berasal dari background berbeda, akadem...

"Mengapa Pria Tidak Bisa Mendengar dan Wanita Tidak Bisa Membaca Peta?"

Dari sejumlah pahlawan yang ada di Indonesia, pada tanggal 21 April kita akan menjadi lebih sering mendengarkan kisah "Kepahlawanan" Wanita dalam berbagai hal, misalnya keberhasilan Ibu Risma dalam memimpin Kota Surabaya, keberhasilan Ima Matul Maisaroh yang menjadi anggota Dewan Penasehat Presiden Obama, keberhasilan Merry Riana sebagai motivator internasional, dan sebagainya. Cerita keberhasilan ini kemudian akan merujuk pada pahlawan wanita Indonesia yaitu RA Kartini. Beliau dianggap pahlawan yang memperjuangkan hak wanita hingga untuk mendapatkan pendidikan yang layak sebagaimana yang didapatkan kaum pria. Di era gadget telah menjadi alat yang efektif untuk membuat anak kecil berhenti menangis, perjuangan terhadap hak wanita diwujudkan dalam perjuangan mendapatkan persamaan gender. Tak mengherankkan sampai isu seksis ini merambah dunia politik dimana terdapat usulan untuk memberikan kuota jumlah anggota DPR dengan jenis kelamin wanita. Usulan ini diharapkan agar angg...